Seberapa banyak dan tahu kita tentang kabupaten ini dan apa potensi atau daya tariknya? Kawasan Transmigrasi Cahaya Baru di Kabupaten ini termasuk dalam 152 kawasan transmigrasi prioritas pada periode RPJMN 2020-2024 ini. Lebih lanjut, Kawasan ini termasuk 1 dari 7 kawasan transmigrasi yang ditargetkan untuk masuk dalam kategori berdaya saing di akhir periode RPJMN. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan dilakukannya Monev Bersama Kementerian/Lembaga pada awal agustus ini.

Optimalisasi lahan pekarangan transmigran di Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Jaya untuk budidaya jamur tiram telah terbukti berhasil. Tambahan penghasilan diatas 5 juta per sekali panen jamur tentu merupakan bukti nyata keberhasilan dukungan program dari Pemerintah. Ditjen PPKTrans sendiri Tahun 2019 membangun rumah produksi jamur tiram yang dimanfaatkan oleh kelompok budidaya jamur Mutiara Alam dan warga desa lainnya. Meskipun intervensi dari dinas dan Kementerian lain belum terlihat di lokasi ini, warga dan transmigran sudah merasakan hasil manis kerja keras mereka di sela waktu menggarap lahan usaha. 

Pada lokasi lain, pembangunan rumah produksi jeruk dari APBN Ditjen PPKTrans Tahun 2023 merupakan jenis dukungan program yang diperlukan oleh masyarakat Desa Karang Bunga Kecamatan Mandastana. Adanya potensi jeruk yang berlimpah sudah dimanfaatkan dengan upaya peningkatan nilai tambah menjadi es krim jeruk yang memiliki keuntungan lebih besar. Kolaborasi dengan Universitas Lambung Mangkurat dalam hal design kemasan dan dukungan bangunan pendukung dari Perbankan pemerintah merupakan bentuk kolaborasi pentahelix yang sudah terwujud.

Tentu saja keberhasilan diatas bukanlah suatu akhir dari perjalanan Kawasan transmigrasi Cahaya Baru. KemenkoPMK, Bappenas, Setkab,KemenPUPR, Kemenkes yang turut menyertai dalam monev Bersama tersebut sangat mengapresiasi keberhasilan transmigrasi yang ada. Penting diingat bahwa masih terbukanya peluang pengembangan olahan jamur dan jeruk lainnya tentu saja tidak hanya bisa mengandalkan kolaborasi saat ini saja. Dukungan dari Lintas K/L dan stakeholder lain sangat penting dilakukan sesuai dengan kompetensi dan kewenangan yang ada.