Gus Halim Serahkan Penghargaan Transmigran dan P3SPT Teladan 2023


BR/Humas/KDPDTT/VIII/2023/31


Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menganugerahkan Transmigran Teladan dan Petugas Pelaksana Pengembangan Satuan Permukiman Transmigran (P3SPT) Teladan tahun 2023 di Gedung Makarti Muktitama. Penganugerahan ini kembali diselenggarakan setelah terakhir diselenggarakan pada 2019. 


Penganugerahan ini adalah bentuk keberhasilan program transmigrasi yang terselenggara sejak 12 Desember 1950 dan kini telah membuahkan hasil dan mampu memberikan penghidupan bagi masyarakat menjadi lebih baik, hingga berprestasi dan menjadi teladan


"Aksi transmigran telah mendukung pertumbuhan ekonomi melalui aktifnya 10.668 kelompok tani, 1.135 koperasi, 495 pasar, 812 BUM Desa, dan 50 kawasan sentra produksi CPO," ungkap menteri yang akrab disapa Gus Halim ini, Selasa (15/8/2023).


Sementara itu, Dirjen PPKTrans Danton Ginting Munthe mengatakan penganugerahan ini diikuti oleh kandidat pemenang terpilih sebanyak 11 orang Transmigran Teladan dan 9 Petugas Pelaksana Pengembangan Satuan Permukiman Transmigran (P3SPT) Teladan dari 11 Provinsi yaitu Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.


Danton memaparkan, seluruh proses pemilihan dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 14 tahun 2019 tentang Pedoman Pemilihan Transmigran dan Petugas Pelaksana Pengembangan Satuan Pemukiman Transmigrasi Teladan (P3SPT) hingga mendapatkan Juara 1, 2, 3 dan Juara harapan 1, 2, 3 kategori Transmigran Teladan dan P3SPT.


Acara ini, tambah Danton, juga sebagai apresiasi atas kerja keras para Transmigran dan P3SPT Teladan yang tetap mampu berprestasi walau hidup ditengah keterbatasan. 


"Diharapkan adaya acara ini dapat mendorong dan meningkatkan kinerja para Transmigran dan P3SPT Teladan, serta mampu memotivasi daerah lain untuk turut berprestasi," ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Gus Halim didampingi Wamendes Paiman Raharjo menyematkan pin kepada seluruh pemenang dan memberikan piagam penghargaan.


Juara 1 Transmigran Teladan Marno dari Bulungan, Kalimantan Utara dengan nilai akhir yaitu 82,51. Selanjutnya juara 2 I Gede Haryono dari Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur dengan nilai akhir yaitu 82,15. Sedangkan juara 3 Supadi dari Toli-toli, Sulawesi Tengah dengan nilai akhir 78,81. 


Juara Harapan 1 Transmigran Teladan Nurkholis dari Bengkulu Selatan, Bengkulu dengan nilai akhir 73,22. Juara Harapan 2 Tarmidi dari Luwu Timur, Sulawesi Selatan dengan total nilai 67,07. Sedangkan Juara Harapan 3 adalah Riya Diana dari Muna, Sulawesi Tenggara dengan total Nilai 63,77.


Untuk Kategori P3SPT Teladan untuk juara 1 Muh Ahyar dari Luwu Timur, Sulawesi Selatan dengan jumlah nilai 94.05. Juara 2 adalah Poniman dari Sijunjung, Sumatera Barat dengan nilai akhir 93,50, dan juara 3 Rasam Alamri dari Gorontalo Utara, Gorontalo dengan jumlah nilai akhir sebesar 90,57.


Sedangkan Juara Harapan 1 sampai 3 kategori P3SPT Teladan Haris dari Toli-toli, Sulawesi Tengah dengan nilai 87,53, Rismanto Hadi Wardoyo dari Bengkulu Selatan, Bengkulu dengan jumlah nilai 85,95 dan Sahrul dari Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara dengan nilai 85.48.


Total hadiah yang diberikan kepada Transmigran Teladan dan P3SPT Teladan sebesar Rp52,5 juta. Selain itu seluruh kandidat juga dapatkan apresiasi sebesar Rp2,5 juta beserta piagam penghargaan.


Turut mendampingi Gus Halim, Wamendes PDTT Paiman Raharjo, Dirjen PPKTrans Danton Ginting Munthe, Irjen Teguh, Dirjen PEID Harlina Sulistyorini, Kepala BPI Ivanovich Agusta dan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kemendes PDTT. Selain itu Herbert Siagian dari Kemennko PMK, Asri Ernawati dari Sekretariat Kabinet, DPP PATRI, serta pengurus PWT.


Teks: Firman/Kemendes PDTT