(Sribhawono,12/12/23)

Bertempat di Pantai Kerang Mas Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur, Menteri Desa PDT Transmigrasi, Gus Halim, berdialog dengan Direktur Bumdes dan Bumdesma di wilayah Kabupaten Lampung Timur. Kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-73 di Lampung Timur.


Lebih lanjut, Gus Halim mengingatkan kepada pengelola Bumdes untuk memasarkan produk lokal dan mengurangi import. Menteri juga menyampaikan tentang pentingnya menjaga kualitas lingkungan dalam pengembangan desa wisata. 


Apresiasi juga diberikan kepada bumdes dan bumdesma di lampung timur atas prestasi yang diraih. Akan ada pendampingan dalam aplikasi kepada bumdes dalam pengelolaan keuangan untuk peningkatan profesionalisme dan transparansi pengelola BUMDES.


Agenda Menteri dilanjutkan dengan Malam tasyakuran pagelaran wayang kulit di Desa SriBhawono. Sambutan selamat datang disampaikan langsung oleh Gubernur Lampung yang turut hadir. Apresiasi diberikan kepada program transmigrasi yang turut membangun wilayah di Lampung.


Dirjen PPKTrans, Danton Ginting, menyampaikan pagelaran wayang kulit kali ini mengambil lakon Semar Mbangun Deso. Inti dari cerita ini adalah adanya transformasi wilayah dan masyarakat desa menjadi lebih baik.