KUNJUNGAN KERJA DIREKTUR JENDERAL PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN DI DEMPLOT PETERNAKAN TERPADU BERKELANJUTAN, KAWASAN TRANSMIGRASI LAMUNTI DADAHUP, KABUPATEN KAPUAS, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

PADA TANGGAL 26 JULI 2023


Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Ir. Danton Ginting Munthe, M.M) didampingi Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Ir. Rajumber Prihantin, M.Si), Sekretaris Direktur Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada, Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas beserta jajarannya sampai di Kabupaten Kapuas untuk melaksanakan dua Agenda Utama yaitu :

  • Memberikan Sambutan pada Acara Pembukaan Bimbingan Teknis Sumber daya Manusia Pengelola Demplot Peternakan Terpadu Berkelanjutan Desa Rawa Subur C3.
  • Mengunjungi serta memonitoring peran Mahasiswa KKN Tematik dari Universitas Gadjah Mada di Desa Rawa Subur, Desa Bina Sejahtera, dan Desa Saka Binjai di Kawasan Transmigrasi Lamunti Dadahup.
  • Kunjungan Kerja di Demplot Peternakan Terpadu Berkelanjutan Berkelanjutan Desa Rawa Subur C3.


Dirjen PPKTrans menyampaikan bahwa kegiatan BIMTEK ini adalah bukti nyata kolaborasi pentahelix dalam pengembangan kawasan transmigrasi Lamunti Dadahup untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang terlibat dalam pemanfaatan Demplot Peternakan Terpadu Berkelanjutan yang di bangun pada Tahun 2021 agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat transmigran dan masyarakat sekitar. Pembangunan Demplot Peternakan Terpadu Berkelanjutan dicanangkan Presiden RI menjadi sentra produksi pangan nasional (food estate). Demplot ini juga merupakan pilot project dan proyek percontohannya yang keberhasilannya dapat memotivasi pengembangan kawasan transmigrasi lainnya.


Dirjen PPKTrans pada kunjungan kerja pada kesempatan kali memberikan motivasi kepada 30 Mahasiswa KKN Tematik untuk mampu memanfaatkan kegiatan KKN Tematik sebagai sarana untuk belajar beradaptasi dengan masyarakat sehingga mampu berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Beberapa proyek perubahan mahasiswa KKN yang sudah terlaksana pada hari ke-31 KKN Tematik diantaranya adalah pembuatan telur asin bebek produksi Demplot Peternakan Terpadu, Pembuatan website promosi potensi kawasan transmigrasi lamunti dadahup, digital marketing sebagai sarana promosi hasil produksi kawasan transmigrasi dadahup, dan pembuatan desinfektan kendang serta potensi terbesar proyek adalah rencana agrowisata edukasi demplot peternakan terpadu Desa Rawa Subur C3.


Dari Kunjungan Kerja langsung pada Demplot Peternakan Terpadu Berkelanjutan Desa Rawa Subur dapat diketahui bahwa Bumdes Berkah Bersama memiliki komitmen untuk mengelola Demplot yang dibangun tahun 2021 ditengah tantangan yang ada. Diharapkan dengan adanya Bimtek, wawasan masyarakat tentang pengelolaan peternakan terpadu berkelanjutan menjadi meningkat dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.